STIE Yasa Anggana dan Pemkab Garut Perkuat Kerja Sama

Daerah, Pendidikan78 Dilihat
banner 468x60
Poto Istimewa

DINAMIKA – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Yasa Anggana menggelar pertemuan silaturahmi sekaligus membahas Memorandum of Action (MoA) dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Garut, Selasa (12/11/2023).

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Yayasan Kampus 1 STIE Yasa Anggana ini membahas kerja sama teknis terkait pengabdian masyarakat.

banner 336x280

Salah satu SKPD yang turut hadir adalah Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut dihadiri langsung oleh Kepala Diskominfo, Margiyanto.

Baca Juga : Masyarakat Bersatu Sikapi Penyimpangan Pembangunan PT. SII

Dalam pertemuan tersebut, Margiyanto mengapresiasi upaya STIE Yasa Anggana dalam membangun kerja sama dengan pemerintah daerah, khususnya terkait pengabdian masyarakat.

“Tadi saya mencoba menyampaikan beberapa masukan terkait dengan substansi materi dari perjanjian itu, karena memang kita tentu harus melihat perjanjian itu sebagai bagian yang sangat penting,” kata Margianto.

Bagian penting dimaksud menurut Kadis, baik dari konteks pemerintah daerah, maupun dalam konteks pelaksanaan pengabdian ke masyarakat yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi.

Baca Juga : Kandidasi Pilpres dan Normalisasi Pelanggaran Konstitusi

Ia berharap pemerintah daerah juga dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi yang ada di wilayah Kabupaten Garut, khususnya kepada STIE Yasa Anggana.

“Harapan kita tentu seluruh perguruan tinggi juga memberikan support terhadap pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan daerah,” imbuhnya.

Dari sudut pandang Kadis, perguruan tinggi itu menjadi bagian penting di dalam proses pelaksanaan pembangunan daerah, terutama pada aspek pendidikan dan juga pengembangan sumber daya manusia yang unggul.

Baca Juga : Lurah Peduli dan Perhatian, Idaman Masyarakat Sukamenteri

Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STIE Yasa Anggana, Deni Rustandi, menjelaskan, pertemuan tersebut merupakan tindaklanjut dari nota kesepakatan antara STIE Yasa Anggana dan Pemkab Garut.

Kesepakatan tersebut telah ditandatangani oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, bersama Ketua STIE Yasa Anggana, Tita Rachtawati. Melalui kerja sama ini.

STIE Yasa Anggana berkontribusi dalam program prioritas Kabupaten Garut, seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Baca Juga : Kejaksaan Agung Periksa Enam Orang Saksi Terkait Perkara Korupsi dan TPPU BAKTI Kominfo

“Melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang dan berbagai sektor, kemudian tingkat pendidikan ya, kemudian juga tingkat kesehatan, dan daya beli, saya kira itu yang masih menjadi fokus Garut,” tuturnya.

Deni Rustandi menegaskan tindaklanjut dari pertemuan kali ini, nantinya akan dilakukan penandatanganan kerja sama MoA, terkait kegiatan apa saja yang dikerjakan bersama antara STIE Yasa Anggana dengan SKPD di Lingkungan Pemkab Garut.

“Tapi endingnya adalah tadi ya, bukan hanya kerja sama gaya-gayaan, kita ingin memberikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan Garut, biar Garut ke depan lebih maju ya kira itu,” tandasnya.(***)

banner 336x280