Oktober Akan Segera Berakhir , Catat Waktu Terbaik dan Kondisi Cuacanya Jika Ingin Traveling ke Bandung

Berita Terbaru94 Dilihat
banner 468x60

Bagi para traveler, penting untuk memilih waktu yang tepat dalam melakukan perjalanan agar dapat menjelajahi banyak keajaiban yang ditampilkan. Terutama bagi kamu yang mengunjungi Bandung untuk pertama kalinya.

Mungkin agak sulit untuk memahami bulan apa yang terbaik untuk mengunjungi Bandung. Untuk membantu hal tersebut, Liputan6.com telah menyusun panduan tentang waktu perjalanan terbaik ke Bandung dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti suhu dan cuaca Bandung.

banner 336x280

Melansir Weatherspark, di Kota Bandung, musim kemarau biasanya berlangsung lebih panjang, hangat, panas terik dan lembab. Sedangkan, musim hujan biasanya agak lebih pendek dan umumnya mendung untuk beberapa bulan sepanjang satu tahun.

Sepanjang tahun, suhu di Kota Bandung biasanya bervariasi dari 18°C hingga 29°C dan jarang di bawah 16°C atau di atas 32°C.

Berdasarkan skor pariwisata, waktu terbaik dalam setahun untuk mengunjungi Kota Bandung dengan kondisi cuaca hangat adalah dari awal Juni hingga akhir September. Lalu, bagaimana dengan Oktober?

Untuk diketahui, masa cuaca lebih cerah setiap tahun di Kota Bandung dimulai sekitar 26 Mei dan berlangsung selama 4,4 bulan, dan berakhir sekitar 8 Oktober.

Bulan paling cerah dalam setahun di Kota Bandung adalah Agustus, di mana rata-rata langit cerah, sebagian besar cerah, atau berawan sebagian 33% saat itu. Sedangkan, masa lebih berawan tahun ini dimulai sekitar 8 Oktober dan berlangsung selama 7,6 bulan, berakhir sekitar 26 Mei.

Bulan paling berawan dalam setahun di Kota Bandung adalah Januari, dengan rata-rata langit mendung atau sebagian besar berawan 91% sepanjang waktu.

Sehingga, pada Oktober ini di Kota Bandung sudah memasuki masa cerah di awal bulan dan cukup berawan di akhir bulan.

Sekadar diketahui, musim hujan berlangsung 6,7 bulan, dari 20 Oktober sampai 11 Mei, dengan lebih dari 44% kemungkinan hari menjadi hari hujan. Bulan dengan hari paling basah di Kota Bandung adalah Januari, dengan curah hujan rata-rata 22,0 hari dengan sedikitnya 1 milimeter.

Cuaca Oktober di Kota Bandung

Untuk Oktober, suhu tertinggi harian di Kota Bandung berada pada sekitar 29°C, jarang turun di bawah 27°C atau melebihi 32°C. Suhu tertinggi rata-rata harian tertinggi adalah 29°C pada tanggal 13 Oktober.

Adapun suhu rendah harian sekitar 19°C, jarang turun di bawah 17°C atau melebihi 20°C.

Sebagai referensi, pada 4 Oktober, hari terpanas dalam setahun, suhu di Kota Bandung biasanya berkisar dari 19°C hingga 29°C.

Rata-rata curah hujan 31 hari selama Oktober di Kota Bandung adalah meningkat sangat cepat, pada permulaan bulan 85 milimeter, jarang melebihi 195 milimeter atau jatuh di bawah 12 milimeter, dan mengakhiri bulan pada 179 milimeter, jarang melebihi 310 milimeter atau kurang dari 59 milimeter.

Selama Oktober, panjang hari secara bertahap mulai meningkat sekitar 11 menit. Hari terpendek adalah 1 Oktober, 12 jam 10 menit siang hari, matahari terbit adalah pukul 05.35 dan matahari terbenam adalah pukul 17.45.

Hari terpanjang adalah 31 Oktober dengan 12 jam 21 menit siang hari, matahari terbit di pukul 05.24 dan matahari terbenam adalah di 17.44.

Untuk wisatawan, sun hours sangatlah penting. Bulan ini rata-rata memiliki 12 jam siang hari.

banner 336x280