Inilah Penyebab WhatsApp Down yang Bikin Meta Minta Maaf

Berita Terbaru653 Dilihat
banner 468x60

Jakarta – WhatsApp down masih menjadi pertanyaan setelah tumbang hampir dua jam, kemarin. Kondisi itu membuat Meta sebagai induk perusahaan WhatsApp meminta maaf.
Pengguna awalnya mengalami kendala pada pengiriman pesan di group WhatsApp. Kemudian selang beberapa waktu pengguna tiba-tiba tidak bisa lagi mengirim pesan ke pengguna lain.

Atas permasalahan itu, banyak pengguna ramai-ramai melaporkan hal tersebut di Twitter. Karena banyak yang mengalami, tagar WhatsApp Down menjadi trending topik di media sosial itu.

banner 336x280

Dalam pantauan di situs Downdetector memang memperlihatkan adanya kendala pada layanan WhatsApp. Puluhan ribu laporan masuk dan mayoritas mengeluhkan tidak bisa mengakses layanan di aplikasi.

Meta Minta Maaf
Gangguan pada layanan WhatsApp terjadi selama hampir 2 jam. Akibat gangguan itu, Meta menyatakan bahwa perbaikan sudah dilakukan dan mereka meminta maaf atas persoalan yang terjadi.

“Kami tahu bahwa orang-orang bermasalah dalam mengirim pesan di WhatsApp hari ini. Kami telah memperbaiki masalah ini dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” kata juru bicara Meta.

Jawaban Meta soal WhatsApp Down
Penyebab WhatsApp Down
Penyebab WhatsApp down masih menjadi pertanyaan sampai saat ini. Meski sudah angkat bicara, pihak Meta masih belum menjelaskan penyebab layanan WhatsApp gangguan selama hampir 2 jam.

“Kami menyadari bahwa sebagian orang pada saat ini punya masalah mengirimkan pesan dan kami bekerja untuk memulihkan WhatsApp pada setiap orang secepat mungkin,” kata juru bicara Meta menanggapi kendala yang terjadi.

Menurut laman WABetaInfo, kemungkinan penyebab WhatsApp down lantaran adanya masalah pada server. Ini berkaca pada kasus sebelumnya di mana kejadian tersebut bukan kali pertama. Sebelumnya WhatsApp sudah beberapa kali mengalami masala.

Dalam permasalahan itu, biasanya pihak WhatsApp memang tidak langsung memberi penjelasan. Ketika ada penjelasan, persoalan berkisar di sektor server atau sistem networking.

“Kami mengalami masalah networking dan tim bekerja secepat mungkin untuk memulihkannya,” sebut CTO Facebook, Mike Schroepfer tentang gangguan WhatsApp di tahun 2021 silam.

banner 336x280