Menggali Pemahaman dan Partisipasi Rakyat dalam Panggung Demokrasi

Daerah, Politik409 Dilihat
banner 468x60
Panggung Demokrasi

DINAMIKA –  Pemilihan umum (Pemilu) adalah fondasi utama dalam menjalankan sistem demokrasi. Penting bagi masyarakat untuk memahami nilai, proses, dan dampak dari partisipasi aktif di dalamnya.

Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi rakyat dalam proses demokrasi, Ruang Rakyat Garut (RRG) segera menggelar acara talshow edukasi pemilu yang diberi label “Panggung Demokrasi”.

banner 336x280

Ketua Pelaksana Acara, Eldy Barber menjabarkan keuntungan dan tujuan dari acara yang akan digelar 26 Desember 2023 tersebut, serta bagaimana acara tersebut dapat menjadi sarana efektif untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat.

Baca Juga : Protes SUAKA Soal Pengungsi Rohingya

“Panggung Demokrasi adalah acara edukasi pemilu merupakan inovasi yang menggabungkan unsur hiburan dengan penyampaian informasi edukatif tentang pemilu,” ungkap Eldy melaluisambungan selulernya, Selasa (28/11/2023).

Melalui kombinasi wawancara, diskusi, dan pertunjukan artistik,Panggung Demokrasi bertujuan untuk menjelaskan dan merinci aspek-aspek kunci pemilihan umum dengan cara yang menarik dan mudah dicerna.

Tujuan dari acara Panggung Demokrasi sendiri selain untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang arti penting demokrasi dan hak suara juga menjelaskan proses pemilihan umum secara rinci, termasuk tahapan dan peran masing-masing peserta.

Baca Juga : Demokrasi di Ambang Krisis

“Seain itu juga untuk mberikan informasi tentang kandidat dan partai politik yang bersaing dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses pemilihan umum,” tutur Eldy.

Acara lebih informatif dengan kehadiran ahli pemilu, tokoh politik, dan narasumber berkompeten yang dapat memberikan pandangan yang mendalam dan menjelaskan aspek-aspek teknis pemilu dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat.

“Kita juga melibatkan penonton dalam acara Panggung Demokrasi ini agar dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka,” ujar Eldy.

Baca Juga : Kepala Desa dan Awak Media Bangun Sinergitas Positif

Hal ini untuk mengetengahkan pertanyaan dari penonton atau sesi tanya jawab agar dapat memberikan kesempatan langsung untuk merespons kebutuhan informasi yang spesifik.

“Pemanfaatan teknologi, seperti penggunaan visualisasi data, video pendek, dan polling langsung, dapat membantu memperjelas informasi dan meningkatkan daya serap masyarakat terhadap materi yang disampaikan,” tukas Eldy.

Acara Panggung Demokrasi juga dapat dinikmati melalui flatform Media Sosial You Tube. Juga menggandeng media massa untuk membantu mencapai audiens yang lebih luas dan mendukung penyebaran pesan edukasi pemilu ke berbagai lapisan masyarakat.

Baca Juga : Dede Kusdinar : “Strategi Peningkatan IPM Membangun Kesejahteraan Bersama”

Setelah acara Panggung Demokrasi selesai, penting untuk menyusun program edukasi pemilu berkelanjutan, seperti workshop atau seminar lokal, untuk memastikan pemahaman yang berkelanjutan dan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan demokrasi.

“Panggung Demokrasi adalah sarana edukasi pemilu, langkah inovatif dan efektif untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi rakyat dalam proses demokrasi,” jelas Eldy.

Dengan menyuguhkan informasi secara menarik dan interaktif, Panggung Demokrasi dapat membentuk pola pikir positif terhadap pemilu dan memberdayakan masyarakat untuk menggunakan hak suara mereka secara lebih efektif.

Baca Juga : Ribuan Buruh Tak Jadi Geruduk Kantor Bupati, Ini Sebabnya

Melalui kolaborasi antara pemangku kepentingan, media massa, dan masyarakat, acara talshow Panggung Demokrasi dapat menjadi sarana yang kuat untuk menciptakan masyarakat yang lebih sadar dan terlibat dalam kehidupan demokrasi.(***)

banner 336x280