Apresiasi Wartawan Bagi Pimpinan Dewan Yang Dukung Pembangunan Gedung Pers

Berita Terbaru108 Dilihat
banner 468x60
Saat Audensi

DINAMIKA – Paguyuban Lembaga Wartawan Kabupaten Garut (PALAWA) mengadakan audiensi dengan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut, di Ruang Banggar, Gedung Dewan, Jalan Patriot nomor 2, Tarogog Kidul, Garut, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023).

Audiensi yang digelar bertujuan untuk menyampaikan aspirasi para kuli tinta yang menginginkan adanya Gedung Pers yang refresentatif guna menunjang kinerja wartawan di Kabupaten Garut.

banner 336x280

Dari hasil audiensi yang dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Garut, Ayi Suryana tersebut tercapai kesepakatan bahwa Pimpinan Dewan membuat Nota Pimpinan yang akan disampaikan kepada Bupati Garut.

Baca Juga :  Dua Pesawat Super Tucano Lost Contact Saat Latihan Profesiensi

Tanggapan dari Koordinator Lapangan (Korlap) Audiensi, Juhendi atas dukungan Pimpinan Dewan pada keinginan para Jurnalis di Kabupaten Garut sangat positif.

“Dalam era perkembangan media massa saat ini, peran wartawan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sangatlah penting. Wartawan berperan sebagai penjaga kebenaran dan penyampai informasi yang objektif,” ungkap Juhendi.

Sekretaris Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Garut ini menyebutkan, dukungan dari pemimpin daerah sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan tugas jurnalistik.

Baca Juga : Kajati Sidak dan OTT Oknum Pegawai Bandara

“Salah satu bentuk dukungan yang bernilai tinggi adalah pembangunan gedung Pers yang dapat menjadi basis operasional bagi para wartawan,” ucapnya.

Juhendi berpendapat, dalam menjalankan tugasnya, wartawan membutuhkan fasilitas yang memadai untuk melaksanakan pekerjaan jurnalistiknya.

“Dukungan dari pimpinan DPRD Kabupaten Garut yang berupa pembangunan gedung Pers mencerminkan kesadaran akan pentingnya peran media dalam mendukung transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat,” kata dia.

Baca Juga : Sebuah Catatan Kritis Cegah Terulang Bencana Elektoral

“Gedung Pers bukan hanya menjadi tempat kerja wartawan, tetapi juga menjadi pusat informasi bagi masyarakat setempat,” tambahnya pula.

Dengan adanya gedung Pers yang representatif, wartawan dapat bekerja dengan lebih profesional dan efisien. Ruang redaksi, ruang konferensi, dan peralatan teknologi yang memadai akan meningkatkan kualitas pemberitaan.

“Pimpinan DPRD Kabupaten yang mendukung  penyediaaan fasilitas ini menunjukkan keseriusan mereka dalam mendukung keberlangsungan media lokal,” imbuhnya.

Baca Juga : Coldplay Manggung di Jakarta Nanti Malam, Ini Yang Harus Ditaati Saat Nonton Konsernya

Dukungan pimpinan DPRD Kabupaten Garut untuk pembangunan gedung Pers menciptakan hubungan yang positif antara pemerintah daerah dan media massa.

Keterbukaan dan kerjasama antara pihak jurnalis dengan pemerintah dapat meningkat, sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat lebih akurat dan mendalam.

“Ini sekaligus menciptakan citra positif terhadap pimpinan DPRD Kabupaten yang turut mendukung kebebasan pers,” akunya.

Baca Juga : Irjen Kemenkumham Serukan Tindak Lanjuti Hasil Pemeriksaan BPK

Pembangunan gedung Pers tidak hanya bermanfaat bagi wartawan, tetapi juga untuk pertumbuhan media lokal secara keseluruhan.

“Dengan fasilitas yang memadai, media lokal dapat berkembang lebih baik, menjangkau lebih banyak masyarakat, dan menjadi wadah bagi berbagai suara dalam komunitas,” cetusnya.

Apresiasi wartawan terhadap pimpinan DPRD Kabupaten Garut yang mendukung pembangunan gedung Pers adalah langkah positif dalam membangun hubungan yang harmonis antara pemerintah dan media massa.

Baca Juga : KPU Umumkan Nomor Urut Capres dan Cawapres, Tiga Pasangan Siap Bertarung

“Dengan sinergi antara pemerintah daerah dan media massa, diharapkan tercipta sebuah kondisi yang lebih informasional dan demokratis,” tandas Juhendi. (***)

banner 336x280