Harapan Baru DKG Pada Kadisparbud Yang Baru

Berita Terbaru678 Dilihat
banner 468x60

DINAMIKA – Pergantian Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Garut dari pejabat lama Agus Ismail kepada pejabat baru Luna Aviantrini menyematkan harapan baru para pelaku seni yang tergabung dalam Dewan Kesenian Garut (DKG).

Hal ini dungkapkan Sekretaris DKG, Agus Obar saat menghadiri acara serah terima jabatan Disparbud Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Gedung Art Center, Jalan Proklamasi, Garut, Jawa Barat, Rabu (03/01/2024).

banner 336x280

“Tentunya dengan pergantian Kadis ini, DKG berharap Kadis yang baru, Bu Luna Avriantini membawa angin segar bagi peningkatan eksistensi dan peran para pelaku seni di Kabupaten Garut,” ungkap Agus.

Harapan DKG menurut Agus, Kadis memiliki pemahaman mendalam tentang seni dan budaya, serta menghargai kontribusi seniman sebagai pelaku utama dalam melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya.

“Harapan untuk adanya dukungan finansial yang memadai untuk proyek seni dan kegiatan budaya. Ini mencakup anggaran yang cukup, insentif bagi seniman, dan pendanaan untuk berbagai acara seni dan festival budaya,” imbuh Agus.

DKG juga berharap, Kadis dapat memperjuangkan pemberdayaan komunitas seni dan budaya, dengan melibatkan DKG dalam proses pengambilan keputusan, memberikan ruang untuk berkolaborasi, dan mendengarkan aspirasi.

“Kami juga berharap lebih pada pengembangan fasilitas seni dan budaya, di Gedung Art Center sebagai pusat seni, sehingga seniman memiliki tempat yang memadai untuk berkarya dan berkolaborasi,” ucapnya.

Pada intinya DKG berharap besar pada kepemimpinan Kadisparbud yang baru bersedia mendengarkan aspirasi dan masukan dari seniman dan komunitas seni, serta berkomunikasi secara terbuka untuk mencapai tujuan bersama.

“Semua harapan ini dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan seni dan budaya lokal, memastikan keberlanjutan warisan budaya, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui seni,” tandas Agus.

Senada dengan hal tersebut, Kadisparbud Luna Aviantrini mengungkapkan keinginannya untuk memajukan seni dan budaya di Kabupaten Garut.

“Mencakup aspek kreatif, manajerial, dan pemasaran yang dapat menjadi platform untuk mempromosikan karya seniman, meningkatkan kesadaran masyarakat, dan memperkuat jaringan di komunitas seni,” kata Kadisparbud.

Luna juga berkeinginan melanjutkan membangun kolaborasi dengan sektor-sektor lain, seperti pendidikan, pariwisata, dan ekonomi, untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan seni dan budaya.

“Kami berharap masyarakat lebih aktif terlibat dalam kegiatan seni dan budaya, melibatkan mereka dalam proses pembuatan kebijakan, dan menciptakan kesadaran akan nilai seni dalam kehidupan sehari-hari,” kata Luna.

Dengan mengartikulasikan dan mewujudkan tekad ini, Kadis berharap dapat memberikan dampak positif pada perkembangan seni dan budaya di Kabupaten Garut dalam meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya lokal.

“Doakan saja agar kami amanah dalam menjalankan roda tanggung jawab ini, dan kami berharap dukungan dari semua elemen masyarakat agar seni dan budaya di Kabupaten Garut lebih maju lagi,” pungkas Kadis.

banner 336x280