Garapp Lawan Pembangunan yang Tidak Berkeadilan

banner 468x60

DINAMIKA – Pembangunan ekonomi dan infrastruktur seringkali dianggap sebagai tonggak kemajuan sebuah negara.

Namun, sayangnya, tidak semua bentuk pembangunan memberikan manfaat yang merata dan adil bagi semua lapisan masyarakat.

banner 336x280

Hal tersebut dikatakan Koordinator Gerakan Masyarkat Peduli Pembangunan (Garapp) Zamzam Zainulhaq usai melakukan rapat koordinasi bersama para Pimpinan Ormas/LSM Kabupaten Garut.

Diwawancara di Sekretariat Garapp, Jalan Galumpit, Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Zamazam menyebutkan, Garapp merupakan simbol perjuangan dalam melawan pembangunan yang tidak berkeadilan, baik dari perspektif sosial maupun lingkungan, Sabtu (16/12/2023).

“Menyikapi pembangunan pabrik di Kawasan Garut Utara yang belum mengantongi izin seringkali menjadi sumber ketegangan dalam masyarakat,” ungkap Zamzam.

Koordinator Garapp menjelaskan dampak dari pembangunan pabrik yang belum memiliki izin resmi, serta bagaimana komponen rakyat bersatu untuk menghadapi tantangan ini.

“Pembangunan pabrik tanpa izin seperti yang dilakukan oleh PT. Silver Skyline Indonesia (SSI) sering kali memicu ketidaksetujuan dari masyarakat sekitar. Keputusan tersebut dapat merugikan lingkungan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Zamzam.

Zamzam menyebutkan, Pabrik yang dibangun tanpa izin cenderung mengabaikan standar lingkungan, meningkatkan risiko polusi udara, pencemaran air, dan dampak negatif lainnya.

“Dalam hal ini Garapp merasa prihatin dengan potensi kerusakan lingkungan jangka panjang,” cetus dia.

Ketidaksetujuan Garapp terhadap pembangunan ilegal ini tidak hanya berkaitan dengan lingkungan, tetapi juga dengan risiko terhadap kesehatan masyarakat.

Pembangunan pabrik tanpa izin juga dapat melibatkan pelanggaran terhadap hak pribadi dan hak tanah masyarakat.

“Tanah yang dimiliki secara tradisional oleh penduduk setempat seringkali terancam oleh pembangunan ilegal yang tidak memperhatikan hak properti,” jelasnya.

Hal ini pula yang memicu Garapp bersatu dalam bentuk protes dan aksi kolektif. Demonstrasi, petisi, dan dialog terbuka menjadi alat utama dalam menyuarakan ketidakpuasan dan mendesak pemerintah untuk bertindak.

Zamzam menilai, Media memainkan peran penting dalam memberikan informasi kepada publik. Liputan media yang luas tentang pembangunan ilegal dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan mendukung upaya mereka untuk menanggapi masalah tersebut.

“Pembangunan pabrik PT. SSI tanpa izin menciptakan tantangan serius bagi masyarakat, itu juga menjadi kesempatan untuk memperjuangkan perubahan positif,” imbuh dia

Dengan bersatu dan bersuara, komponen rakyat dapat memberikan dampak signifikan pada pembangunan berkelanjutan dan melindungi hak-hak dasar.

“Keberanian dan tekad Garapp dalam melawan pembangunan ilegal dapat menjadi katalisator perubahan yang membentuk masa depan yang lebih baik untuk semua,” tukasnya. (***)

banner 336x280