Bawaslu Garut Berikan Pembinaan Kepada Panwascam 

Daerah, Politik88 Dilihat
banner 468x60
Poto Istimewa

DINAMIKA – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut, Ahmad Nurul Syahid memberikan pembinan kepada seluruh Aparatur Pengawas Pemilu 2024 Di Sekertariat Panwascam Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut.

Ketua Bawaslu Garut mengatakan kunjungan ke Sekertariat Panwas Kecamatan Cibatu untuk memberikan pembinaan kepada aparatur pengawas.

banner 336x280

“Hari ini kegiatannya pembinaan Aparatur pengawas yang di hadirkan Panwas Kecamatan Cibatu dan para teman PKD se Kecamatan Cibatu,” ungkap Ahmad Nurul Syahid di Cibatu, Rabu (29/11/2023).

Baca Juga : Sosialisasi Kampanye dan Tahapan Pemilu 2024 Bersama KPU dan Insan Media

Menurut Ahmad, pembinaan yang diberikan kepada Panwascam Maupun PKD , lebih terpokuskan sesuai tahapan  kampanye.

“Kita mempersiapkan teman-teman supaya siap dalam menghadapi dan mengawasi tahapan kampanye yang di mulai hari kemarin sampai tanggal 10 febuari 2024,” katanya.

Ketua Bawaslu Garut mengaku, pembinaan ini dikhususkan pada pemahaman tentang regulasi kemudian sisi kewenangan juga diberikan sesuai undang undang nomer 7 tahun 2017.

Baca Juga : Menggali Pemahaman dan Partisipasi Rakyat dalam Panggung Demokrasi

“Paling itu mempersiapkan setrategi pengawasan karena dengan jumlah peserta yang cukup banyak, sedangkan jumlah SDM nya pun satu Desa cuma satu orang, di tingkat Kecamatan cuma tiga orang, makanya kita harus bisa memaksimalkan pengawasan,” ujar dia.

Ahmad juga mengatakan meskipun peserta Pemilu sekarang dibanding waktu kampanye yang lebih sedikit pada tahun 2019 artinya semua peserta akan turun ke lapangan, optimasi menejemen dan setrategi pengawasan harus ditingkatkan.

“Itu sudah sangat jelas di Undang-undang nomor 7 juga diatur bahwa jangankan memberikan uang, baru menjanjikan saja itu sudah masuk pelanggaran,” tukasnya.

Baca Juga : Protes SUAKA Soal Pengungsi Rohingya

Terkait Politik Uang, menurut Ahmad, itu sudah masuk pada ranah pidana pemilu, maka kewenagan penindakan berada di Gakumdu yang merupakan gabungan dari tiga lembaga, Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. (***)

banner 336x280